Kamis, 12 Maret 2009

01 BAGAIMANA MENGEMBANGKAN BISNIS RETAIL












PENGANTAR
Ø Berlatar belakang pekerjaan yang saya pernah saya jalani maka saya mencoba membuat tulisan bagaimana mengembangkan bisnis retail

Ø Dikarenakan Proposal ini bersifat global maka penulisan materi dan implementasi nantinyapun harus disesuaikan dengan kondisi real perusahaan. Tentunya dengan penyempurnaan dalam beberapa hal yang diperlukan.


LATAR BELAKANG
Ø Latar belakang Penulis adalah eks manager operasional sebuah perusahaan retail . Secara detail latar belakang saya dapat dilihat dalam Curriculum Vitae saya terlampir.

Ø Dalam Implementasi nantinya Penulis juga tidak akan lepas dari kerjasama beberapa pihak terutama Direksi, Accounting, Finance dan beberapa pihak terkait yang didalam merupakan Team Besar Perusahaan. Karena keberhasilan ataupun kegagalan dalam implementasi nantinya sangat tergantung dari keinginan team untuk maju.

GAMBARAN UMUM PENGEMBANGAN

DAFTAR ISI

  • Pengantar
  • Visi – Misi Perusahaan
  • Moto Perusahaan
  • Budaya Kerja Perusahaan
  • Segmentasi, Targeting & Positioning
  • Category Product
  • Sasaran Pertumbuhan
  • Structure Organisasi
  • Job Description
  • Fasilitas, Sarana dan Aktifitas PROMOSI
  • Pengendalian

PENGANTAR

  • Apakah Bisnis Retail itu? Suatu Bisnis / Usaha yang menjual jasa atau product untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Dalam perkembangannya Jenis usaha Retail ini menjadi bermacam-macam tergantung dari sistem pelayanan (Swalayan & Non Swalayan), strategi harga (discount store), product yang dijual( Dept. Store, Supermarket, Super store/hypermarket, speciality shop,dll), pengendalian (Koperasi, waralaba/franchise), dll
  • Beberapa hal yang akan disampaikan dalam gambaran umum ini adalah sesuatu yang sifatnya sangat standar yang idealnya harus ada dalam sebuah perusahaan yang berorientasi kedepan.
  • Untuk itu jika beberapa hal berikut ini belum terimplementasi maka perlu penerapan hal berikut menjadi prioritas utama. Baru selanjutnya melangkah kebeberapa hal teknis lainnya.


VISI & MISI PERUSAHAAN
VISI
o “ Menjadi Perusahaan RETAIL yang berskala Nasional dan berorientasi kepada kebutuhan dan harapan konsumen serta mampu bersaing secara global ”

o(Contoh visi perusahaan diatas adalah menjadi penting karena akan dibawa kemana perusahaan ini ke depan harus jelas, sehingga beberapa hal yang disiapkan pun harus menuju goal yang ada.)


MISI
o Memberikan kepuasan kepada konsumen dengan terfocus kepada variasi & kualitas product serta pelayanan yang berkualitas.
o Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan memberikan lapangan kerja
• (Contoh Misi diatas akan lebih memperjelas lagi konsistensi perusahaan kedepan akan seperti apa)

BUDAYA KERJA PERUSAHAAN

  • Ber - Integritas
  • Selalu Inovatif
  • Selalu Ber- Kualitas & Productiv
  • Selalu Ber-Kerjasama dengan Team
  • Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan melalui standard pelayanan yang prima.
    (Contoh budaya kerja diatas dapat menjadikan pedoman bagaimana team perusahaan akan bekerja setiap waktunya untuk kemajuan perusahaan)

    MOTTO PERUSAHAAN
  • LEBIH LENGKAP, LEBIH HEMAT
  • CAFÉ SEHAT HARGA BERSAHABAT
  • KEPUASAN ANDA ADALAH YANG UTAMA
  • MAKAN PUAS HARGA PAS
  • MUDAH & DEKAT
    (contoh motto diatas akan menjadi pedoman bagi karyawan dan pelanggan)





SEGMENTASI, TARGETING & POSITIONING

SEGMENTASI
Perusahaan jasa yang menyediakan kebutuhan aneka product dengan luas area tertentu

TARGETING
Geografi
Dekat Kampus – Sekolah
Gedung Perkantoran
Fasilitas Publik
Perumahan, dll

Demografi
Mahasiswa
Ibu Rumah Tangga, (Perempuan)

Karyawan Swasta & Negri
Wisatawan

Psychografi
Tempat yang Nyaman
Lingkungan yang bersahabat
Dapat memilih menu / product sebelum membeli

POSITIONING
Lebih mengarah kepada Motto Perusahaan (Lihat beberapa Contoh Motto Perusahaan)
CAFÉ SEHAT HARGA BERSAHABAT
KEPUASAN ANDA ADALAH YANG UTAMA
MAKAN PUAS HARGA PAS
Dll


02 category product
03sasaran pertumbuhan
04 struktur organisasi
05 tugas & tanggung jawab pramuniaga - kasir
06 pelayanan
07 PlanOgram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar